Jumat, 08 Mei 2020

Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Pergerakan Bulan dan Bumi terhadap Matahari dapat mengakibatkan terjadinya gerhana, di mana posisi Bulan, Bumi, dan Matahari berada dalam satu garis lurus. Ada dua macam gerhana, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.


1. Gerhana Bulan
Gerhana bulan hanya mungkin terjadi pada malam hari ketika bulan purnama. gerhana bulan terjadi saat Matahari, Bumi, dan Bulan terletak pada satu garis lurus. Gerhana bulan dibedakan menjadi tiga, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra. 
           
Saat terjadi gerhana bulan total, Bulan terletak di daerah umbra Bumi. Pada gerhana bulan sebagian, sebagian Bulan berada didaerah umbra Bumi dan sebagian lainnya berada pada daerah penumbra bumi. Pada gerhana bulan penumbra, Bulan berada pada daerah penumbra Bumi.

2. Gerhana Matahari
Gerhana Matahari terjadi pada saat Mtahari, Bulan, dan Bumi terletak pada satu garis lurus. Cahaya Matahari tidak sampai ke Bumi karena terhalang Bulan. Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Gerhana matahari dibedakan menjadi tiga, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, dan gerhana matahari sebagian. 

Gerhana matahari total dialami bagian Bumi yang berada pada umbra Bulan. Gerhana matahari sebagian dialami bagian Bumi yang berada pada daerah penumbra Bulan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar